al wafiq On Saturday, October 6, 2012

Berikut ini adalah bagaimana cara menjadi photographer  yang handal.

  1. Percaya diri
  2. Ramah dan suka bergaul
  3. Pemberani
  4. Melihat moment-moment Di Sekitar
Percaya Diri
Percaya diri merupakan salah satu sifat penting yang harus anda miliki sebagai seprang fotografer. Sifat percaya diri membantu anda menghadapi berbagai medan kehidupan yang ada. Sikap percaya diri yang dimaksud adalah sikap percaya diri yang nyata, bukan hanya khayalan. Contoh sederhana pentingnya percaya diri dalam kehidupan sehari-hari ketika anda menghadapi soal-soal hitungan matematika dan anda adalah seorang ahli dalam bidang itu, maka akan tumbuh rasa percaya diri pada anda, karena anda merasa mampu dalam berkonsentrasi dalam menyelesaikan soal-soal tersebut dengan benar.
Dalam menembus peluang bisnis di kampus anda harus PD bahwa anda mampu merebut peluang tersebut. Ada beberapa yang harus difokuskan dalam membina kepercayaan diri anda :
Ingat ! Bahwa kepercayaan diri adalah rahasia utama keberhasilan, jadi percayalah kepada diri sendiri jika anda tidak ingin gagal.
Bebaskanlah semua perasaan anda hingga dapat menjalani kehidupan tanpa tanggung-tanggung dengan memberikan semua yang anda miliki untuk kehidupan ini.
Praktekkan antisipasi kreatif, kekuatan harapan yang positif. Miliki keyakinan bahwa anda memperoleh yang terbaik bukan yang terburuk untuk diri anda sendiri.
Lihatlah diri anda dengan penuh keyakinan karena kita cenderung menjadi apa yang kita yakini.
Jangan pernah membiarkan kesalahan apapun yang menyebabkan anda berhenti PD pada didi sendiri.
Jika anda tidak pernah benar-benar menentukan diri anda, lakukanlah sekarang. Lalu, anda akan mulai menyukai diri anda dengan suatu alasan yang tepat.
Anda pasti bisa bila anda berfikir anda bisa. Ukir kata-kata itu dalam-dalam pada kesadaran anda.

Hal di atas harus anda fokuskan dalam diri anda sebagai fotografer dan anda harus memiliki rasa percaya diri bahwa anda adalah seorang fotografer yang handal.

Ramah dan Suka Bergaul
Anda harus ingat bahwa anda adalah makhluk sosial. Ingat hal itu baik-baik ! Interaksi dengan sesama manusia adalah suatu hal yang wajib, semakin banyak teman atau kenalan anda maka semakin terbuka peluang bisnis fotografi di Kampus. Hal ini berarti semakin besar pula peluang anda untuk merebutnya.
Bergaul dan berkumpul mempunyai peranan yang mendasar dalam hidup ini dan kesempurnaan dalam sisi kehidupan bersandar kepada pergaulan dan hubungan sesama manusia. Oleh karena itu Allah telah menjadikan manusia sebagai makhluk yang sosial yang mengikuti fitrahnya sehingga tidak sulit bagi anda untuk berinteraksi. Contohnya pada saat anda bayi dan lahir sendiri ke bumi, anda menangis karena merasa takut pada dunia yang lain dari tempat semula dalam kandungan ibu.
Untuk itu hendaknya anda memanfaatkan fitrah yang ada pada diri anda. Cobalah bermasyarakat dan perluaslah ruang lingkup pergaulan anda dari teman sesama jurusan ke teman jurusan lainlalu ke antar fakultas.
Supaya anda hidup dengan memiliki hubungan kepada sesama dengan baik dan membahagiakan teman-teman anda maka nada harus menjahui “sisi yang tajam” dan hendaklah anada bersikap positif. Ini bukan berarti anda harus menerima ketidak baikan dari orang lain, bukan ! Tetapi yang dimaksud adalah bahwa anda menggunakan cara-cara yang baik untuk menyelesaikannya.
Tentunya dalam berinteraksi dengan teman-teman anda, anda harus mengetahui bahwa mereka mempunyai norma-norma tertentu. Jadi hormatilah norma-norma tersebut. Ingat, seperti kata pepatah : dimana kita berpijak di situ langit di junjung !
 Jadi dalam bergaul usahakan segala tindak tanduk dan perilaku anda elok dan terpuji dimanapun anda berada. Dengan demikian anda akan dipandang sebagai orang yang mempunyai wibawa dan disegani. Oleh karena itu hendaknya anda menjadikan agama, akhlak dan akal menjadi dasar tertinggi untuk mengatur semua perilaku anada.

Pemberani
Berani adalh lawan dari ketakutan. Keberanian adalah sikap tegar dan keras hati tatkala diri menghadapi bahaya. Keberanian bukan hanya terbatas di medan perang, namun banyak medan kehidupan yang menuntut keberanian. Begitu pula anda sebagai fotografer tidak mungkin akan diakui jika tidak pernah memotret dan hunting (memotret di luar).
Keberanian dalam dunia fotografi adalah unsur terpenting yang harus anda miliki. Jika tidak bagaimana mungkin anda dapat memitret orang-orang yang terkenal atau orang yang nada segani, begitu pula dalam meraih dunia bisnis dibutuhkan keberanian untuk mencapainya dan memperkenalkan diri anda bahwa anda seorang fotogrefer.

Melihat Moment-Moment Di Sekitar
Dalam hal ini anda mengetahui informasi kegiatan-kegiatan kampus dari yang kecil sampai yang besar. Ini penting anda lakukan untuk mendapatkan pengalaman yang pada umumnya pada kegiatan besar kampus seperti wisuda, seminar atau workshoop, Hari Ulang Tahun Kampus, pernikahan maupun kegiatan lainnya. Dalam kegiatan kampus yang kecil, misalnya dalam lingkungan jurusan anda terlibat dalam kepanitiaan untuk memotret kegiatan.
Walupun pada awalnya anda belum mendapatkan bayaran tetapi anda akan mendapatkan sesuatu yang lebih besar dari itu seperti pengalaman dan keberanian. Nantinya anda akan terbiasa memotret dalam kondisi dan situasi apapun juga dan dimana saja dan lama kelamaan hasil foto anda akan semakin bertambah bagus.
Selanjutnya dengan pengalaman yang anda dapatkan, anda dapat menentukan sendiri kegiatan yang menurut anda dapat menghasilakan pendapatan yang lebih banyak dari biasanya. Untuk itu sebisanya anda dapat mempromosikan diri kepada siapa saja walaupun anda mendapatkan cobaan dan ritangan.
Demikianlah uraian bisnis fotografi di Kampus, semoga anda dapat sukses dalam menjalani kegiatan sebagai fotografer. Selamat Mencoba !



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments